kok ga mara

Suryana selesai mengikuti pendidikan secapa. Ia kini ditugaskan di wilayah Jawa Timur. Tepatnya di kota Malang. Suryana prajurit yang beruntung, ia mendapat tambahan pendapatan sebagai penjaga wartel. Kerja sampingannya ini tentu diketahui komandannya. Di wartel ini pulalah ia mengenal Prihatini yang kemudian menjadi kekasihnya. Suryana asal Garut, Jawa Barat. Prihatini asal Sengguru, Malang Selatan.

Nahas buat prihatini. Wartel yang terus-menerus merugi karena kehilangan pelanggan, Ia pun kehilangan pekerjaan. Karena tak mudah mendapat pekerjaan lain, akhirnya untuk sementara ia pulang ke rumah orang tuanya di Sengguru yang berjarak lebih kurang 25 kilometer dari kota Malang.

Kelanjutan percintaan dengan Suryana pun lebih banyak dilakukan melalui telepon biasa. Pake sms rada sulit sebab jaringan selular belum masuk ke desanya. Prihatini pun benar-benar prihtain: mau menelpon Suryana mesti jalan kaki dua kilometer ke wartel terdekat.

Karena sudah lama tak bertutur sapa, Prihatini memaksakan diri bermanja-manja melalui telepon dengan Suryana. Bermanja-manja? Maksudnya memanjakan Suryana dengan berupaya berbahasa sunda sebagaimana asal Suryana.

“Mas, kenapa sih gak pernah mara?”
“Kenapa akang harus marah?”
“Ya, mara dong. Masak gak pernah mara?”
“Aduh, kamu ini gimana? Kita ini sudah berjauhan, gak sering ketemu. Malah akang disuruh marah?”
“Ah, sampeyan ini gimana sih mara aja gak mau. Aku kan ingin.”
“Kamu ngaco, ah. Masak gak ada apa-apa akang disuruh marah. Sudah ya. Akang mau kerja dulu.”
“Awas, kalau gak mara lho mas.”

Suryana pun bingung. Kenapa tiba-tiba dia disuruh marah? Duh, ada apa ya?

catatan:
Oleh prihatini kata “mara” diambil alih langsung dari bahasa jawa: “moro” yang dalam bahasa indonesia berarti datang (menghampiri). Untuk menyenangkan Suryana yang berbahasa sunda, oleh Prihatini kata “moro” pun digantinya dengan “mara. Maka “kecelakaan” berbahasa pun terjadi.

Avian Dewanto
Tengok humor lainnya di halaman ini.

There are no comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: